Penyebab AC kurang dingin

AC merupakan kebutuhan utama saat berkendara dengan mobil, sehingga perjalanan terasa nyaman di segala kondisi cuaca. Jika AC tiba-tiba menjadi tidak dingin, maka perjalanan dapat terganggu. Ada beberapa penyebab AC menjadi tidak dingin.

AC atau air conditioning adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mensirkulasikan udara, mengatur suhu dan kelembaban udara sesuai dengan yang kita inginkan. Secara umum AC mempunyai dua fungsi yaitu memanaskan udara (disebut heater) dan fungsi untuk mendinginkan udara (disebut cooler). AC pada saat ini merupakan kebutuhan pokok untuk menemani perjalanan, sehingga didalam kabin Anda bisa merasa nyaman dan tidak gerah.

Tetapi seiring dengan waktu berjalan terkadang kita AC menjadi kurang dingin meskipun suhu sudah diset pada temperatur maksimal cool. Adapun penyebab AC menjadi kurang dingin antara lain yaitu :

1. Jumlah freon berkurang

Freon adalah istilah dari cairan atau gas yang diisikan pada sistem AC. Pada sistem AC terdapat berbagai siklus yang menyebabkan cairan freon ini mengalami perubahan wujud dan temperatur. Freon ini akan selalu bersirkulasi selama AC dihidupkan. Apabila jumlah freon yang bersirkulasi dalam sistem berkurang, maka kemampuan untuk mendinginkan udara juga berkurang, sehingga yang dirasakan adalah hembusan udara AC menjadi tidak dingin.

Baca juga :
Fitur dan istilah pada AC mobil

2. Filter AC kotor / tersumbat

Untuk kendaraan sekarang, sebagian besar sistem AC sudah dilengkapi dengan filter AC. Filter ini terbuat dari bahan semacam kertas, yang dibuat bergelombang untuk memperluas permukaan. Adapun fungsi dari filter AC ini adalah untuk menyaring debu di ruang kabin, sehingga udara yang keluar dari lubang AC di dashboard ( register AC ) menjadi bersih. Apabila kondisi filter ini kotor maka akan menghalangi udara yang dialirkan ke register, sehingga alirannya menjadi kecil dan tidak mampu mendinginkan area sekitar.

3. Evaporator kotor / defroster

Evaporator berfungsi untuk menyerap panas di dalam kabin, dengan cara mensirkulasi udara kabin melewati evaporator, sehingga udara yang keluar dari evaporator menjadi dingin. Apabila evaporator sudah kotor, maka penyerapan panas menjadi berkurang, karena terhalang oleh kotoran tersebut. Yang kita rasakan adalah suhu AC menjadi kurang dingin.

4. Kipas kondensor tidak bekerja maksimal / mati

Kipas kondensor berfungsi untuk membuang panas pada kondensor. Dengan cara ini refrigerant didalam sistem AC mengalami perubahan dari bentuk gas panas menjadi cairan hangat. Apabila putaran kipas kondensor lambat atau sudah tidak maksimal, maka freon tidak sepenuhnya menjadi cair sehingga efek pendinginan AC menjadi berkurang.

Baca juga :
AC mobil bau, apa penyebabnya?

5. Sirkulasi freon tidak lancar

Pada saat AC dihidupkan, maka freon akan selalu bersirkulasi didalam sistem karena kerja dari kompresor AC. Seiring waktu pemakaian freon tersebut menjadi kotor dan jenuh. Kotoran ini dalam periode waktu tertentu akan berkumpul di dryer dan menganggu sirkulasi AC. Apabila aliran freon tidak lancar maka efek pendinginan AC akan berkurang.

6. Beban pendinginan lebih besar

Pernahkan Anda mengalami AC terasa tidak dingin pada saat isi penumpangnya banyak? Meskipun dalam kasus ini temperatur sudah diset max cool? Akan tetapi ketika dipakai sendiri dengan suhu tersebut sudah terasa dingin. Hal ini adalah normal, karena beban yang didinginkan lebih besar. Untuk mencapai suhu yang diseting membutuhkan waktu yang lebih lama. Efek yang terasa adalah AC menjadi kurang dingin.

7. Freon / refrigerant bocor

Kompresor berfungsi untuk mensirkulasikan freon di dalam sistem AC. Apabila terjadi kerusakan pada kompresor ini, maka aliran freon menjadi tidak lancar atau tidak bersirkulasi sama sekali. Jika hal ini terjadi maka AC menjadi tidak dingin. Adapun kerusakan yang mungkin terjadi pada kompresor antara lain tekanan lemah, bocor, atau tidak mau berputar sama sekali.

Baca juga :
Tips mencegah AC mobil bau

Demikian tadi beberapa hal penyebab AC kurang dingin. Untuk memastikan bahwa AC kendaraan Anda dalam kondisi baik silahkan dicek ke bengkel AC terpercaya di area terdekat. Semoga artikel ini bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]