Fitur advances audio system

Saat ini mobil dilengkapi berbagai fitur untuk memanjakan penumpang di dalamnya, salah satunya adalah audio sistem. Terdapat banyak fitur yang disematkan pada head unit tersebut seperti mirracast, mirrorlink, hdmi dan lain-lain.

Beberapa waktu lalu PT. Toyota Astra Motor telah meluncurkan All New Kijang Innova. Dengan mengusung tagline “The Legend Reborn”, produk baru ini menawarkan desain baru, kemewahan dan kenyamanan. Salah satu kenyamanannya adalah fitur advances entertainment system pada head unit audionya. Beberapa merupakan fitur baru yang belum ada di mobil sebelumnya. Fitur car audio terlengkap disematkan pada versi tertinggi yakni Innova type Q. Mau tahu apa saja fitur advances audio system All New Innova , simak berikut ini :

Mau tahu apa saja fitur advances audio system All New Innova , simak berikut ini :

1. Mirracast

Mirracast adalah standar teknologi wireless display yang dikembangkan oleh Wifi-Alliance. Dengan mirracast, tampilan layar smartphone dapat ditampilkan pada layar car audio dengan koneksi wireless / wifi. Tampilan yang muncul di layar audio sama persis seperti di layar smartphone. Untuk dapat menikmati fitur ini, ke dua device harus di singkronisasi terlebih dahulu. Penggunaan teknologi ini masih terbatas pada smartphone keluaran terakhir.

2. Mirrorlink

Teknologi mirrorlink pada prinsipnya hampir sama dengan mirracast. Bedanya adalah media tranfernya. Kalau mirracast menggunakan koneksi wireless, mirrorlink menggunakan koneksi kabel usb. Fitur ini dapat digunakan untuk beberapa jenis smartphone buatan Sony semisal Sony Experia.

3. HDMI

Fitur HDMI dapat digunakan untuk menampilkan tampilan layar smartphone ke layar audio menggunakan kabel HDMI & micro HDMI. Fitur ini dapat dinikmati oleh pengguna smartphone buatan Apple, semisal Iphone.

4. DLNA

DLNA adalah singkatan dari Digital Living Network Area. DLNA memungkinkan akses file audio, video, dan gambar yang tersimpan di smartphone. Sebelum menggunakan DLNA, kita download aplikasi EZ-DMS di google play terlebih dahulu. Ketika aplikasi sudah diaktifkan dan terhubung dengan car audio, file yang tersimpan di smartphone akan ditampilkan di layar car audio, untuk dapat dibuka / dimainkan. Kelebihannya fitur DLNA ini adalah ketika file sedang diakses, semisal sedang memainkan video, smartphone masih dapat digunakan untuk membuat pesan, memutar musik dll.

5. Wifi tethering

Fitur wifi tethering memungkinkan akses internet dari car audio dengan menggunakan jaringan wifi yang terdapat pada smartphone. Semisal saat di perjalanan, dapat mengakses google map dari car audio untuk menentukan rute suatu lokasi setelah kedua perangkat (smartphone & car audio ) dikoneksikan.

6. Fitur koneksi yang lengkap (aux in, USB, ipod, micro SD, bluetooth)

Pada car audio All New Innova disematkan berbagai fitur koneksi fisik yang lengkap. Adanya port aux in, USB, ipod, dan micro SD memudahkan koneksi external media dengan car audio. Koneksi aux-in untuk memainkan file audio saja, sedangkan koneksi USB, ipod, dan micro SD dapat memainkan file audio maupun video. Tersedia juga koneksi wireless berupa bluetooth.

7. Gesture guide

Gesture guide merupakan fitur untuk mempermudah dalam pengoperasian unit audio. Gesture guide menggunakan kombinasi jari tangan yang ditempelkan dilayar audio dan arah gerakan untuk pengoperasiannya. Tersedia variasi pilihan 1 sampai 4 jari yang digunakan, pada arah vertical maupun horizontal. Sebagai contoh jika masuk menu radio, lalu dua jari digerakkan pada layar pada arah horizontal, maka volume akan berubah membesar atau mengecil.

8. Air gesture

Air gesture memungkinkan pengeoperasian audio tanpa melakukan kontak fisik dengan layar. Terdapat sebuah sensor pada tepi audio untuk mendeteksi gerakan tangan.Untuk menggunakan air gesture, cukup mengibaskan tangan di depan sensor pada arah vertical atau hirisontal. Semisal saat radio ON, gerakan sapuan tangan secara horizontal akan mengatur volume suara. Air gesture dapat diaktifkan / dinonaktifkan melalui menu seting.

9. Voice command

Voice command adalah fitur perintah suara yang terdapat di car audio. Ketika voice command diaktifkan, lalu anda mengucapkan kata “radio”, maka car audio akan mengaktifkan fitur radio. Cukup semudah itu saja. Hanya saja, pengucapan kata harus sesuai dengan bahasa tertentu,misal bahasa Inggris UK sehingga jika pengucapannya tidak sesuai, suara tersebut tidak dikenali.

10. Rear view camera

Fitur rear view camera membantu pengemudi melihat kondisi di belakang kendaraan. Fitur ini terintegrasi dengan posisi R pada tuas transmisi. Sehingga saat tuas dipindhkan ke R, tampilan audio berubah ke mode kamera. Hal ini meningkatkan visibilitas di area belakang mobil saat bergerak mundur sehingga lebih aman.

11. Toyota move

Toyota move merupakan fitur entertainment ekslusif bagi pemilik Toyota. Pada menu life style, dapat ditemukan berbagai lifestyle & berita. Sedang pada menu Info Toyota terdapat berbagai informasi mengenai produk Toyota serta fitur untuk mengingatkan kapan waktunya servis.

Beberapa fitur advances audio system diatas menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi penumpang didalamnya untuk menemani disetiap perjalanan Anda. Semoga bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]