Mengenal defensive driving

Yang perlu diingat disini adalah bahwa Anda tidak dapat mengontrol tindakan yang dilakukan oleh pengemudi lain. Yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara melakukan devensive driving.

Mengemudi merupakan aktifitas yang selalu dilakukan oleh sebagian orang. Semisal berangkat pulang bekerja, mengantar anak ke sekolah, menjenguk sanak saudara dan sebagainya. Bagi sebagian orang, mengemudi merupakan rutinitas sehari-hari yang harus dilakukan.

Pada saat di jalan raya, terkadang dijumpai beberapa kebiasaan pengemudi lain. Kebiasaan tersebut ada yang baik, tetapi ada yang membahayakan dirinya maupun orang lain. Sebagai contoh kebiasaan mengemudi yang membahayakan adalah tidak mematuhi rambu lalu lintas, mengemudi dengan agresif, memacu kendaraan melebihi batas yang diijinkan, mengemudi dalam keadaan mabuk, mengemudi sambil berbicara di telepon atau membaca pesan di telepon dan sebagainya. Kondisi ini dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Apa yang dapat Anda lakukan apabila menemukan kondisi dimana ada pengemudi yang membahayakan? Apakah Anda akan menggerutu dan memaki pengemudi tersebut? Atau Anda akan menyalip dan menghentikan laju kendaraan tersebut dan memberitahukan bahwa cara mengemudikan kendaraan kurang baik? Ataukah kita membiarkan saja pengemudi yang membahayakan tersebut? Ataukah melaporkan pengemudi yang membahayakan tersebut ke polisi terdekat? Atau mungkin ada tindakan lainnya?

Yang perlu diingat disini adalah bahwa Anda tidak dapat mengontrol tindakan yang dilakukan oleh pengemudi lain. Yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara melakukan devensive driving. Dengan melakukan devensive driving, Anda dapat membantu menghindari bahaya kecelakaan yang disebabkan oleh perilaku buruk pengemudi lain.

Lalu, apa yang dimaksud dengan devensive driving? Devensive driving dapat diartikan sebagai suatu keterampilan dan perilaku dalam mengemudikan kendaraan yang memungkinkan Anda dapat menghindari terhadap kemungkinan tabrakan yang disebabkan oleh perilaku pengemudi lain yang membahayakan. Dengan selalu melatih ketrampilan devensive driving saat mengemudi, akan meminimalkan resiko yang tidak diinginkan, meningkatkan keamanan dalam mengemudi, sehingga aktifitas mengemudi menjadi hal yang menyenangkan dalam menunjang aktifitas sehari-hari. Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com]