Fitur dan istilah pada AC mobil

AC membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berpergian terutama ketika cuaca sedang panas terik. Berbagai produsen mobil menambahkan fitur yang beragam di sistem AC.

AC atau air conditioner pada mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pemilik kendaraan. AC membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berpergian terutama ketika cuaca sedang panas terik. Berbagai produsen mobil menambahkan fitur yang beragam di sistem AC.
Apa saja fitur dan istilah pada AC, simak beberapa hal berikut ini :

1. AC single blower

AC single blower adalah istilah untuk sistem AC yang memiliki sebuah evaporator pada sisi depan (di bawah dashboard). Evaporator dapat diistilahkan sebagai unit pendingin pada sistem AC. Ketika AC dihidupkan, udara di dalam kabin disirkulasikan melewati kisi-kisi evaporator dan didinginkan, lalu dialirkan melewati register AC (lubang udara) pada bagian dashboard. Dengan cara ini udara didalam kabin menjadi lebih dingin.

2. AC double blower

Istilah double blower mengacu pada jumlah evaporator, yakni 2 buah. Satu evaporator untuk sisi depan (bawah dashboard), dan satu lagi ada di sisi saluran udara bagi penumpang baris ke dua. Kelebihan AC double blower dibanding single blower adalah pada kecepatan pendinginan kabin. Karena udara yang dihembuskan untuk penumpang baris kedua sudah melewati evaporator, maka udara dingin tersebut dapat dirasakan bagi penumpang baris kedua atau ketiga dengan cepat.

3. Rear circulator

Istilah rear circulator mengacu adanya blower pada sisi penumpang baris ke dua untuk mempercepat pendinginan di area kabin bagian belakang. Bedanya dengan AC double blower adalah tidak dilengkapinya evaporator pada rear circulator. Rear circulator membantu meratakan pendinginan di kabin belakang.

4. AC dual zone

Istilah AC dual zone mengacu pada pengaturan temperatur udara yang keluar dari sisi register AC. Pada AC dual zone, suhu udara yang keluar dari register AC sisi penumpang depan dan sisi pengemudi dapat berbeda. Hal ini dimungkinkan dengan adanya dua tombol pengaturan suhu AC.

5. AC triple zone

Kalau AC dual zone membedakan temperatur udara antara sisi register kanan ( pengemudi) dan sisi register kiri( penumpang depan), maka untuk AC triple zone ada tambahan pengaturan temperatur untuk sisi penumpang baris ke dua. Sehingga seakan-akan terdapat tiga zona pendinginan yang berbeda ( sisi pengemudi, penumpang depan dan penumpang belakang). Fitur ini memberikan kenyamanan bagi masing-masing penumpang.

6. Chiller box

Fitur chiller box adalah kotak penyimpanan yang biasa diletakkan pada bagian dashboard. Pada chiller box dilengkapi dengan saluran yang terhubung ke register AC. Ketika udara dari register AC diarahkan ke dalam chiller box, maka chiller box menjadi dingin. Hal ini bermanfaat untuk mendinginkan minuman dan sejenisnya yang ditaruh didalamnya.

7. Pollen removal

Fitur pollen removal adalah fitur tambahan pada sistem AC. Ketika tombol pollen removal ditekan, maka blower akan bekerja dalam mode hi / kencang pada beberapa saat. Hal ini akan mensirkulasikan udara di dalam kabin dengan cepat. Dengan cara ini udara di dalam kabin akan disirkulasi melewati filter AC dengan cepat sehingga udara menjadi cepat bersih.

8. Ion generator

Fitur ion generator pada sistem AC membangkitkan ion negatif. Ion negatif adalah atom oksigen yang bermuatan negatif dan kemudian disirkulasikan keseluruh area kabin oleh blower. Dalam konsentrasi yang cukup tinggi, ion negatif dapat membersihkan udara dari spora, jamur, bau, asap rokok, bakteri, virus ,debu dan partikel berbahaya lainnya. Ion negatif ini akan mengikat ion positif yang terdapat pada spora, jamur dan sebagainya. Sebagai akibatnya, ikatan tersebut menjadi lebih berat dan jatuh atau menempel di permukaan. Dengan cara ini udara yang kita hirup menjadi lebih besih dan terbebas dari jamur virus dan sebagainya.

Beberapa hal tersebut adalah fitur dan istilah pada AC mobil yang bermanfaat bagi Anda. Beberapa mobil dapat saja mempunyai fitur dan penamaan yang berbeda. Manfaatkan fitur-fitur AC yang ada di mobil untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Semoga bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]