Fitur mobil “zaman now”

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju dan berpengaruh pada tingkah laku manusia. Tak terkecuali pada mobil yang dikeluarkan oleh produsen akhir-akhir ini menawarkan fitur yang berbeda dibanding sebelumnya.

Istilah zaman now cukup popular akhir-akhir ini. Zaman now mengacu pada waktu saat ini atau sekarang. Dimana saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju dan berpengaruh pada tingkah laku manusia. Tak terkecuali pada mobil yang dikeluarkan oleh produsen akhir-akhir ini menawarkan fitur yang berbeda dan tidak terdapat pada versi sebelumnya.

Fitur yang dimaksud disini adalah menyangkut pada hal-hal yang sudah terpasang pada mobil bawaan pabrik, bukan dari hasil pemasangan variasi.
Mau tahu apa saja beberapa fitur mobil zaman now, simak berikut ini:

1. Complete airbag system

Airbag atau kantong udara adalah fitur keselamatan di dalam mobil. Fitur ini dapat mengurangi cidera pengemudi saat terjadi tabrakan yang tidak dapat dihindarkan. Awalnya airbag hanya dipasang pada sisi driver dan sisi penumpang depan saja. Akan tetapi saat ini terdapat penambahan beberapa airbag. Side airbag dipasangkan pada samping luar kursi pengemudi dan penumpang depan. Terdapat juga curtain airbag / airbag tirai memanjang dari bagian atas sisi pilar A sampai pilar C. Side airbag dan curtain airbag dapat mengurangi cidera jika mobil ditabrak dari sisi samping. Pada beberapa mobil juga dilengkapi dengan knee airbag khusus sisi driver. Knee airbag melindungi lutut pengemudi saat terjadi tabrakan.

2. Advanced audio

Berkendara tanpa adanya entertainment, membuat suasana dikabin tidak nyaman. Oleh karena itu mobil saat ini dilengkapi dengan head unit audio yang dengan layar lebar dan mempunyai segudang fitur. Sebut saja mirrorlink, mirracast, HDMI, voice command, Bluetooth, gesture guide, maps & navigasi, gesture guide, Near Field Communication (NFC), wifi receiver, DLNA dan sebagainya. Hal ini akan semakin memanjakan penumpang dan tetap terkoneksi saat bepergian.

3. Wireless charging

Wireless charging memungkinkan baterai handphone dapat terisi, cukup menaruhnya di atas wireless charger pad. Tentu untuk dapat menggunakan fitur ini, handphone tersebut harus sudah berstandar Qi. Tapi jangan khawatir, saat ini tersedia adaptor/ semacam cover yang dapat dipasangkan pada handphone agar dapat memanfaatkan fitur ini.

4. Led & projector head lamp

Saat ini teknologi led sudah digunakan secara luas di mobil. Salah satunya adalah pengguanan led untuk head lamp. Led menawarkan kelebihan pada cahaya lebih terang, konsumsi daya lebih rendah, tingkat panasnya rendah, serta lifetime yang lama. Dengan kelebihannya ini led digunakan juga untuk lampu lainnya. Dilengkapinya projector pada headlamp memungkinkan sinar lampu menjadi lebih fokus.

5. Smart entry & start system

Teknologi keyless sudah mulai digunakan. Penggunaan fitur smart entry memudahkan pengemudi membuka dan mengunci pintu dengan hanya menyentuh tombol pada handel pintu sambil mengantongi smartkey. Lubang kunci kontak sudah digantikan oleh “start-stop button”. Ketika pengemudi ingin menghidupkan panel dashboard (mode ON), atau menyalakan mesin, cukup menekan tombol start-stop tersebut. Cukup mudah bukan!

6. Complete brake control

Pengereman kendaraan merupakan bagian yang cukup vital. Di area ini juga mengalami banyak perubahan, dimana yang awalnya pengereman terjadi secara mekanikal, sekarang sudah dikontrol secara elektronik. Tujuannya agar mobil aman saat dilakukan pengereman mendadak, atau saat medan jalan licin, seperti teknologi antilock braking system (ABS), electronically brake force distribution(EBD), brake assist(BA), control traksi (TRC),vehicle stability control(VSC), hill start assist control dan masih banyak lagi. Beda produsen mobil, ada perbedaan di istilah.

7. Multi port power

Dapat dibayangkan ketika sedang bersama sama di dalam mobil, tiba-tiba handphone low bat, dan lupa tidak membawa power bank. Multi port power dapat membantu mensuplay listrik untuk mencharge batere handphone. Pada beberapa mobil, port power tersedia di masing-masing baris kursi. Anda juga dapat menggunakan port ini untuk peralatan listrik dengan sumber saya 12V DC di mobil.

Beberapa hal tersebut diatas adalah fitur-fitur mobil zaman now yang perlu kita tahu. Banyaknya fitur di masing-masing varian dan merk mobil bisa saja berbeda. Dan tentunya, dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, akan meningkatkan kenyamanan, kemudahan dan keselamatan dalam berkendara. Semoga bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]