Manfaat asuransi kendaraan

Salah satu cara untuk meminimalkan resiko kerugian pada saat terjadi kecelakaan di jalan adalah dengan mengasuransikan kendaraan.

Dari tahun ke tahun, populasi kendaraan baik motor maupun mobil sudah sangat meningkat. Hampir disetiap wilayah terjadi penambahan pengguna kendaraan. Disisi lain, peningkatan jumlah kendaraan tidak sebanding dengan jumlah pembangunan jalan raya. Sebagai imbasnya adalah kepadatan di jalan raya, kemacetan, dan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tidak diinginkan. Ketika terjadi kecelakaan lalu lintas, akan timbul biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik / pemakai kendaraan. Sebagai contoh adalah biaya perbaikan kendaraan pasca kecelakaan, besar kecilnya relatif terhadap jenis kerusakannya.

Salah satu cara untuk meminimalkan resiko kerugian pada saat terjadi kecelakaan adalah dengan asuransi. Asuransi bisa didefinisikan sebagai perjanjian antara dua pihak atau lebih dimana pihak penanggung tersebut mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, agar memberikan pengganti terhadap tertanggung karena kecelakaan kerugian atau kehilangan keuntungan yang bisa diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau juga untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Asuransi, dalam hal ini asuransi kendaraan, adalah sangat penting bagi setiap pemilik kendaraan.

Berikut ini adalah manfaat asuransi kendaraan :

1. Untuk memberikan perlindungan

Asuransi dapat memberikan perlindungan bagi pemilik kendaraan terhadap kerugian akibat kejadian tidak terduga. Kerugian dapat berupa kerusakan kendaraan akibat tabrakan, kehilangan akibat dicuri dan lain-lain.

2. Membantu perencanaan keuangan

Pada saat terjadi kerusakan pada kendaraan, pasti akan timbul biaya untuk perbaikannya. Kerena pihak asuransi sudah mengganti dalam hal biaya, maka pihak tertanggung tidak akan terbebani keseluruhan biaya yang timbul, sehingga perencanaan keuangan Anda tidak terganggu.

3. Memberikan rasa aman

Kepemilikan asuransi kendaraan dapat memberikan rasa aman, ketenangan batin dan meningkatkan kepercayaan diri bagi pemiliknya. Saat dalam perjalanan tidak akan was-was apabila terjadi sesuatu yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan. Meskipun demikian, pengemudi tetap harus berhati hati dan waspada saat mengunakan kendaraan tersebut.

4. Perlindungan lebih

Pada beberapa jenis asuransi kendaraan, ditawarkan berbagai perlindungan lebih, selain perbaikan ( asuransi all risk ) atau penggantian unit kendaraaan ( asuransi TLO ), semisal penawaran bantuan hukum ke pihak ketiga, layanan asuransi jiwa dan lain-lain. Hal ini dapat memberikan manfaat lebih bagi pengguna asuransi.

5. Mendapatkan layanan tambahan

Pada saat mengalami sesuatu hal di jalan, beberapa perusaaan asuransi menawarkan berbagai layanan tambahan, semisal fasilitas hotline 24 jam, dan derek mobil. Layanan mobil pengganti bermanfaat pada saat mobil yang diasuransikan sedang dalam proses perbaikan di bengkel, sehingga aktifitas keseharian tidak terganggu.

Beberapa hal diatas adalah manfaat asuransi kendaraan. Semoga bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]