Arti kode model kendaraan

Kode full model pada mobil memberikan informasi terkait jenis kode mesin, type penggerak, jenis transmisi grade dan sebagainya.

Pada setiap produk hasil produksi, biasanya tertera suatu kode pengenal. Salah satunya contoh hasil produksi / manufaktur adalah kendaraan bermotor dan mobil. Pada mobil, terdapat kode / nomor rangka, dan juga kode full model kendaraan. Kode full model ini memberikan informasi terkait jenis kode mesin, type penggerak, jenis transmisi grade dan sebagainya. Sebagai contoh, pada salah satu varian All New Fortuner 2016 menggunakan kode model ini

GUN165R-SDTMKD

Bagaimana mengartikan kode model tersebut, simak pembahasan berikut ini:

1. GUN165

Menjelaskan tentang model kode dasar. GUN165 adalah kode untuk mesin 2GD-FTV , diesel inline 4 silinder, 2.4 liter, 16 valve DOHC, VN Turbo charger + intercooler. Kode 165 menggunakan penggerak 2 WD,sedang kode 155 berpenggerak 4WD. Kode lainnya adalah TGN156 menggunakan mesin 2TR-FE berpenggerak 4 WD.

2. R

Kode ini mengacu pada posisi dari stir/ kemudi. R mengacu pada sisi kanan (right-hand drive), sedang kode L adalah kiri( left-hand drive).

3. S

S merupakan kode identifikasi untuk type body /jenis kendaraannya, yaitu SUV (sport utility vehicle). Kode lainnya yaitu “M” untuk minivan, dan "A" untuk sedan.

4. D

Kode ini menjelaskan tentang tempat produksi kendaraan tersebut. D adalah produksi Indonesia yaitu PT.Toyota Motor Manufacturing Indonesia

5. T

Kode ini menunjukkan jenis transmisinya.F : 6 kecepatan, transmisi manual.T: 6 kecepatan, transmisi otomatis.

6. M

Menjelaskan tentang grade kendaraan. Untuk grade ini, kode setiap jenis kendaraan berbeda-beda. Berikut ini beberapa kode grade kendaraan :S : grade standard. M : grade middle.

7. K

Menjelaskan tentang spesifikasi mesin yang digunakan. K : multi valve, DOHC, SFI, bensin Y : diesel common rail

8. D

Menunjukkan tujuan Negara dari kendaraan tersebut. Kode D menunjukkan bahwa mobil tersebut diperuntukkan untuk Negara Indonesia. Kode lainnya "U" untuk Vietnam.

Hal yang dijelaskan diatas adalah arti kode model kendaraan. Dengan mengetahui kode model kendaraan tersebut, kita tahu tentang spesifikasi dari mobil yang digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]