Penyebab air washer tidak keluar

Semprotan cairan washer disertai dengan gerakan wiper dapat membersihkan kaca depan, sehingga pandangan pengemudi ke depan lebih jelas.

Cairan washer di kendaraan berfungsi untuk membantu membersihkan kaca depan. Pada saat mobil berjalan, banyak partikel debu yang menempel di kaca. Hal ini akan mengganggu pandangan pengemudi saat menyetir. Semprotan cairan washer disertai dengan gerakan wiper dapat membersihkan kaca depan, sehingga pandangan pengemudi ke depan lebih jelas.
Beberapa jenis mobil juga dilengkapi dengan wiper dan washer belakang. Apabila saklar washer sudah ditekan / dihidupkan, tetapi cairan washer tidak keluar dari nozel washer, dapat disebabkan oleh hal-hal dibawah ini :

1. Jumlah cairan washer di reservoir kurang / habis

Reservoir washer berfungsi untuk menampung cairan washer. Saat cairan washer di reservoir habis, maka motor washer hanya akan memompa udara, sehingga yang keluar dari nozel washer hanyalah udara.

2. Kerusakan pada motor washer

Motor washer berfungsi untuk memompa cairan washer dari reservoir ke nozel washer. Saat switch washer dihidupkan, motor washer akan bekerja. Jika terjadi kerusakan pada motor washer tersebut, motor berhenti dan cairan washer tidak dapat dialirkan ke nozel washer.

3. Kerusakan pada sirkuit motor washer

Motor washer dapat bekerja jika ada arus listrik yang mengalir. Saat ada kerusakan pada rangkaian motor washer maka arus tidak dapat mengalir dan motor washer tidak bekerja. Kerusakan bisa berupa sekering putus, kabel putus, konektor kendor dan sebagainya.

4. Kerusakan pada switch washer

Saat switch washer mengalami kerusakan, arus listrik tidak dapat mengalir ke motor washer. Akibatnya, motor washer tidak bekerja , dan cairan washer tidak keluar dari nozel washer.

5. Kebocoran pada reservoir washer

Reservoir washer berfungsi untuk menampung cairan washer dalam jumlah tertentu. Pada saat terjadi kebocoran pada reservoir washer, cairan akan berkurang. Kebocoran dapat disebabkan karena reservoir pecah,seal motor washer rusak dan lain-lain.

6. Kebocoran pada selang fleksibel

Selang washer menghubungkan antara motor washer dan nozel washer. Selang ini terbuat dari bahan plastik yang fleksibel. Saat terdapat kebocoran pada selang, misalkan terlipat atau digigit tikus, cairan washer tidak akan sampai ke nozel washer saat motor washer dioperasikan.

6. Nozel washer tersumbat

Nozel washer berfungsi untuk menyemprotkan cairan washer ke kaca depan mobil. Nozel washer mempunyai lubang yang kecil, agar semprotannya menjadi partikel kecil dan menyebar ke permukaan kaca. Pada beberapa jenis mobil, ketika semprotan cairan dari nozel washer tidak terarah dengan benar atau tersumbat, dapat dilakukan penyetelan. Tetapi beberapa jenis mobil yang menggunakan nozel washer jenis fludics spray, ketika tersumbat harus diganti dengan part baru.

Hal-hal tersebut diatas adalah penyebab cairan washer tidak keluar. Semoga bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]