l

Persiapan mobil di musim hujan

Saat memasuki musim penghujan, mobil perlu dipersiapkan secara khusus. Alasannya agar selama perjalanan tidak terjadi masalah, semisal visibilitas terganggu, air masuk ke kabin, mobil mogok dan sebagainya.

Musim penghujan di Indonesa jatuh pada bulan Oktober sampai April. Pada bulan-bulan tersebut, intensitas curah hujan sangat tinggi. Akibatnya, kelembaban udara cukup tinggi, dan banyak ditemukan genangan air jalan dan sebagainya. Nah, bagi Anda yang kesehariannya menggunakan mobil untuk transportasinya, maka perlu dipersiapkan. Alasannya agar selama perjalanan tidak terjadi masalah, semisal visibilitas terganggu, air masuk ke kabin, mobil mogok dan sebagainya.

1. Ban mobil

Pastikan ban mempunyai ketebalan alur ban yang cukup. Istilah umumnya adalah TWI ( tyre wear indikator). Alur ini berperan penting untuk menyibak genangan air. Dengan cara ini permukaan ban tetap dapat menapak di permukaaan aspal dengan baik . Ban yang gundul dapat menyebabkan hydroplaning, yakni ban mengambang di permukaan air. Fenomena ini dapat menyebabkan mobil susah dikendalikan, dan berbahaya. Pastikan juga tekanan ban dalam kondisi normal. Tekanan ban yang cenderung kurang dapat menambah gaya gesek ban yang berimbas pada kestabilan berkendara.

Baca juga :
Tips aman berkendara saat berkabut putih

2. Karet wiper

Karet wiper mempunyai peran penting untuk menyeka permukaan kaca dari debu atau air yang menempel di permukaan kaca. Hasilnya, visibilitas pengemudi meningkat. Pastikan karet wiper dalam kondisi baik. Baik disini artinya, sapuan karet wiper dapat membersihkan kaca dengan bersih. Jika sapuan karet wiper ini menyisakan bekas kotoran, atau air tidak tersapu dengan bersih, ini menandakan karet wiper sudah tidak rata, atau sudah mengeras. Solusinya adalah dengan mengganti karet wiper / atau wiper blade pada beberapa model mobil dengan part yang baru.

3. Cairan washer

Cairan washer mempunyai peran tidak kalah penting dengan karet wiper. Cairan washer yang disemprotkan ke kaca membantu mempercepat proses pembersihan kaca. Saat wiper bekerja tanpa cairan washer, kaca depan dapat tergores oleh debu yang menempel. Pastikan cairan wiper terisi penuh. Gunakan cairan khusus yang bersifat pembersih, tapi sedikit mengandung busa/buih. Pastikan juga ketika switch washer dinyalakan, cairan washer menyemprot ke kaca dengan merata.

4. Karet pintu

Saat hujan, karet-karet pintu berperan untuk mencegah air hujan msauk ke kabin kendaraan. Seiring pemakaian, karet pintu dapat saja sobek atau berubah bentuk. Hal ini menyebabkan air hujan dapat masuk ke area kabin. Periksa kondisi karet pintu secara visual untuk memastikan bahwa karet pintu masih berfungsi dengan baik, dan rapat.

Baca juga :
Tips menghemat bahan bakar

5. Sistem AC

Sistem AC membantu untuk mendinginkan suhu kabin, sehingga penumpang merasa nyaman dan tidak gerah. Saat hujan, penggunaan AC dapat mencegah terjadinya pengembunan uap air di kaca. Pengembunann ini menyebabkan berkurangnya visibilitas pengemudi. Pastikan system AC bekerja dengan baik, sehingga kemungkinan kaca mengembun dapat dicegah.

6. Karet plug body

Dibagian bawah kendaraan, biasanya terdapat beberapa plug body mobil. Plug ini terbuat dari karet, dan bisa dilepas pasang. Pastikan karet plug body dalam kondisi terpasang semua. Ketika ada satu saja yang tidak terpasang, lalu mobil melewati genangan air, maka air dapat saja masuk kabin dan menggenangi lantai mobil.

7. Kabel kelistrikan

Sesekali buka ruang mesin, dan perhatikan, adakah kabel yang terkelupas. Kabel terkelupas dapat berpotensi terjadi konsleting / hubungan arus pendek, saat mengenai body kendaraan, atau saat terkena air hujan. Beberapa kasus mobil terbakar, disebabkan oleh adanya konsleting pada jalur kelistrikan yang dirangkai dengan tidak memperhatikan keamanan.

8. Sistem penerangan / lampu-lampu

Saat hujan turun, maka suasananya menjadi lebih gelap dibanding kondisi normal. Untuk itu perlu kiranya menyalakan lampu eksterior untuk meningkatkan visibilitas berkendara. Disamping itu, mobil yang kita kendarai juga dapat terlihat dari depan maupun belakang. Pastikan kondisi lampu-lampu dapat menyala dengan baik, sehingga perjalanan Anda tidak terganggu.

Baca juga :
Tips aman berkendara di malam hari”

Beberapa hal diatas perlu dipersiapkan di saat musim penghujan. Beberapa hal dapat dilakukan pemeriksaan dengan mudah. Akan tetapi jika Anda tidak ingin repot, segera bawa mobil ke dealer terdekat untuk dilakukan pemeriksaan. Pastikan semua dalam kondisi baik, sehingga setiap perjalanan Anda dapat aman dan menyenangkan.Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com]