l

Persiapan mobil untuk perjalanan jarak jauh

Jika saat ini Anda merencanakan perjalanan jauh dengan mobil, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar perjalanan Anda menjadi aman dan menyenangkan, dan terhindar dari masalah yang berarti selama perjalanan.

Liburan akhir tahun telah tiba. Mungkin ini adalah saat yang Anda tunggu-tunggu untuk berlibur, atau mengunjungi keluarga yang jauh tempatnya. Perjalanan dapat ditempuh dengan berbagai mode transportasi, salah satunya adalah dengan membawa mobil pribadi. Membawa mobil sendiri menawarkan kepraktisan dan fleksibilitas selama di perjalanan. Apakah saat ini Anda sedang merencanakan perjalanan yang jauh.
Jika iya, maka sebelum berangkat, perlu persiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Servis berkala

Sebelum berangkat, lakukan servis berkala pada mobil Anda. Servis berkala adalah servis rutin yang menyeluruh, mulai dari mesin, rem, kopling, suspensi, lampu-lampu dan sebagainya. Dengan melakukan servis ini, maka kondisi mobil dapat diketahui. Sekiranya ada hal yang abnormal atau kerusakan, dapat dideteksi lebih awal dan segera dilakukan perbaikan atau penggantian part. Jika mobil dalam laik jalan, maka dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Baca juga :
Tips aman berkendara saat berkabut putih

2. Pemeriksaan oli dan cairan mesin lainnya

Saat servis berkala, biasanya sekaligus dilakukan penggantian oli mesin, filter oli dan pengecekan cairan pendingin. Akan tetapi jika jadwal servis berkalanya masih lama, tidak ada salahnya Anda untuk melakukan pemeriksaan sendiri untuk hal-hal yang mudah. Bukalah kap mesin. Lakukan pemeriksaan kualitas dan volume oli mesin. Pastikan jumlah oli cukup dan kualitas oli masih baik. Pastikan jumlah cairan pendingin di reservoir cukup. Cek juga cairan washer dalam kondisi penuh. Periksa juga kekencangan tali kipas, dan terminal baterai. Ini adalah pemeriksaan dasar yang perlu dilakukan untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik.

3. Cek dokumen kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, perlu kiranya Anda mengecek dokumen kendaraan. Baik itu mobil pribadi maupun mobil rental. Salah satunya adalah mengecek kelengkapan STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan ). Pastikan STNK masih berlaku, dan pajak tahunan sudah dibayarkan. Hal ini untuk mencegah timbulnya masalah di perjalanan. Cek juga untuk dokumen SIM ( Surat Ijin Mengemudi ), dan pastikan SIM masih berlaku selama perjalanan Anda.

4. Isi bahan bakar penuh

Pastikan tanki bahan bakar terisi penuh. Beberapa mobil mempunyai kapasitas tanki bahan bakar sekitar 45 liter. Dengan jumlah bahan bakar tersebut, mobil dapat menempuh perjalanan lebih dari 300 km, tergantung dari kapasitas mesinnya. Sehingga, Anda di perjalanan tidak perlu sering-sering berhenti di POM bensin untuk mengisi tanki bahan bakar.

Baca juga :
Tips menghemat bahan bakar

5. Ban cadangan

Cek kondisi ban cadangan Anda. Cek apakah ban cadangan masih layak untuk digunakan atau tidak. Cek juga untuk tekanan anginnya sesuai. Selama perjalanan, ban kempes atau bocor dapat saja terjadi. Jika ban cadangan telah dipersiapkan sebelumnya, maka ketika terjadi hal yang tidak diinginkan dijalan, seperti ban bocor, dapat diatasi dengan mudah.

6. Tool set

Setiap mobil selalu dilengkapi dengan tool set dan dongkrak. Gunanya peralatan ini adalah untuk pertolongan pertama, saat tiba-tiba di jalan mobil mengalami masalah. Cek kembali kelengkapan tool set dan triangle reflecting agar sewaktu-waktu dibutuhkan, sudah tersedia.

7.Obat/P3K

Saat berlibur bersama keluarga, ada kalanya selama diperjalanan, ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit. semisal pusing, atau masuk angin. Ada baiknya sebelum berangkat untuk perjalanan jauh, persiapkan obat/P3K yang umum dibutuhkan, meskipun saat berangkat semua dalam kondisi sehat. Ketika di perjalanan ada yang sakit, obat sudah tersedia, dan tidak perlu repot untuk mencari apotek atau toko obat.

8. Map peta

Penggunaan map dapat membantu Anda untuk mencari suatu lokasi dengan mudah. Terutama apabila Anda belum pernah menjangkau lokasi yang akan dituju. Saat ini map dapat diakses dari smartphone. Sebelum berangkat, perlu kiranya mempelajari rute yang akan ditempuh nantinya. Pertimbangkan juga kemungkinan titik kemacetan dan jalur alternatif, sehingga perjalanan dapat ditempuh sesuai waktu prediksi dan tidak mengalami kendala.

Baca juga :
Tips aman berkendara di malam hari”

9. Makanan & minuman

Saat perjalaan jauh bersama keluarga, praktis waktu banyak dihabiskan di dalam mobil. Untuk itu bawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk menemani perjalanan Anda. Terutama sekali jika ada anggota keluarga yang suka ngemil, maka perjalanan jauh pun dapat dinikmati. Untuk kebutuhan makan besar, tetap lebih nyaman untuk berhenti di restoran / warung makan sekaligus untuk beristirahat sebentar.

10. Kelengkapan anak/bayi

Kelengkapan ini adalah penting jika Anda membawa anak kecil/bayi saat perjalanan. Siapkan perlengkapan anak/ bayi agar Anda tidak sering-sering berhenti untuk keperluan dengan si kecil. Kelengkapan anak / bayi yang perlu dipersiapkan seperti pampers, tisu basah, botol susu, termos air hangat dan lain-lain. Tapi jika dalam perjalanan tidak mengajak anak kecil, maka point ini dapat diabaikan.

Nah, beberapa hal tersebut diatas perlu dipersiapkan ketika Anda akan melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil. Jika item tersebut sudah dilakukan, dapat menjamin perjalanan Anda menjadi lebih aman dan menyenangkan. Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com]