Mau pasang karpet tambahan di mobil, perhatikan ini…

Karpet bawaan dari mobil sudah cukup untuk menahan kotoran dan sudah disesuaikan dengan ukuran lantai, sehingga ketika dipasang sangat rapi dan tidak mengganggu kerja fungsi lainnya. Jika mau menambahkan karpet tambahan, perhatikan hal berikut ini..

Pada mobil baru, selalu diberikan karpet lantai di masing-masing kursi. Karpet ini mempunyai beberapa fungsi. Selain fungsi utama sebagai penahan lumpur atau kotoran yang ikut terbawa oleh alas kaki, sehingga lantai mobil tidak kotor, karpet juga mempunyai fungsi estetika.

Ada beberapa jenis karpet bawaan dari mobil baru. Ada yang terbuat dari karet, bahan sintetis, ataupun kain. Untuk jenis yang terakhir ini mempunyai karakter agak sulit untuk dibersihkan. Sehingga hal ini disiasati oleh pemilik mobil untuk menambahkan karpet tambahan diatasnya.

Sebenarnya memberikan karpet tambahan sangat tidak dianjurkan. Alasannya adalah bahwa karpet bawaan dari mobil sudah cukup untuk menahan kotoran. Dari segi dimensi karpet sudah disesuaikan dengan ukuran lantai, sehingga ketika dipasang sangat rapi dan tidak mengganggu kerja pedal gas dan lainnya. Terlebih pada beberapa model sudah dilengkapi dengan klip pengait karpet. Ketika karpet dipasangkan pada klip dan dikunci, maka karpet akan tertahan ditempatnya dan tidak mudah untuk bergeser.

Jika Anda tetap menginginkan karpet tambahan, maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Sesuaikan dengan ukuran karpet asli

Artinya jangan gunakan karpet yang ukurannya lebih besar atau lebih kecil, supaya dapat terpasang dengan rapi dan mencegah timbulnya gangguan pada pedal gas dan lainnya.

2. Gunakan karpet yang tidak terlalu tebal

Pemilihan karpet yang terlalu tebal akan mengganggu kerja sistem akselerasi ( pedal gas), sistem pengereman (pedal rem ) dan sistem kopling ( pedal kopling). Semisal, ketika menggunakan karpet yang tebal, maka injakan pedal gas akan tertahan oleh karpet, sehingga bukaan gas tidak bisa maksimal. Efeknya adalah mesin menjadi terasa tidak bertenaga.

3. Pilih karpet yang tidak licin

Ketika sedang mengemudi, maka kaki pengemudi akan sering berpindah dari lantai, ke pedal akselerator dan juga pedal rem. Gerakan ini secara tidak langsung akan menggeser posisi karpet. Ketika menggunakan karpet tambahan yang cenderung licin, maka karpet akan mudah bergeser, dan dapat mengganggu kerja pedal gas maupun pedal yang lainnya.

4. Cukup satu lapis karpet tambahan

Usahakan setiap lantai hanya terdapat satu lapis karpet tambahan. Tidak diperkenankan memberikan beberapa lapis karpet karena hal ini cukup membahayakan posisi Anda ketika sedang mengemudi.

5. Ganti karpet yang rusak

Karpet yang rusak mempunyai sisi yang retak atau sobek. Hal ini tidak dianjurkan untuk dipasang, tetapi sebaiknya diganti dengan yang baru. Ujung karpet yang rusak dapat mengganggu manufer kaki dan juga dapat menyebabkan pedal gas tersangkut sehingga hal ini cukup membahayakan saat sedang mengemudi. Selain itu juga akan mengganggu estetika di dalam mobil itu sendiri.

Demikian mengenai hal-hal yang harus diperhatikan jika akan memasang karpet tambahan. Keselamatan berkendara dimulai dari pemasangan karpet yang benar dan juga pemilihan karpet tambahan yang tepat. Pastikan sebelum berkendara, karpet mobil Anda sudah terpasang dengan baik demi keselamatan selama berkendara. Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com]