Spooring, apa dan manfaatnya

Spooring adalah istilah yang sering dipakai untuk proses penyetelan geometri roda mobil. Spooring dapat meningkatkan stabilitas kendaraan.

Spooring adalah istilah yang sering dipakai untuk proses penyetelan geometri roda mobil. Sekedar diketahui bahwa roda mobil saat terpasang mempunyai sudut tertentu terhadap suspensi dan juga garis imajiner vertikal. Posisi tersebut yang sering dinamakan wheel alignment.
Berikut ini adalah manfaat yang Anda dapatkan jika mobil dilakukan spooring dengan benar :

1. Kestabilan lurus lebih baik

Kestabilan lurus mempunyai arti bahwa mobil akan selalu berjalan lurus ke depan saat melewati permukaan jalan yang rata. Dengan kondisi ini, pengemudi dapat memegang roda kemudi dengan nyaman, dan tidak capek, karena tidak perlu menahannya agar roda menggelinding lurus ke depan.

2. Keausan ban lebih merata

Saat dilakukan spooring, posisi ban akan disetel sesuai dengan sudut standar masing-masing kendaraan. Dalam posisi ini, kontak antara tapak ban dan permukaaan aspal lebih merata. Efek yang didapat untuk jangka panjang adalah keausan ban lebih merata.

3. Mobil mudah dikendalikan

Saat geometri roda disetel dengan benar, masing masing roda akan menapak ke permukaan jalan dengan baik. Hal ini juga akan meminimalkan efek kendaraan narik ke satu arah. Hasilnya, mobil menjadi mudah untuk dikendalikan.

4. Redaman jalan lebih bagus

Ban merupakan komponen dari mobil yang selalu bersinggungan dengan permukaan jalan. Ban akan menyerap kejutan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak rata. Dengan geometri roda yang tepat, getaran tersebut akan diredam oleh ban dan suspensi. Keuntungannya adalah goncangan ke body kendaraan menjadi berkurang.

5. Gaya balik kemudi lebih baik

Gaya balik kemudi adalah gaya yang timbul setelah roda kemudi dibelokkan. Gaya ini akan mendorong roda kembali lurus ke depan (dari posisi belok). Dengan adanya gaya ini, pengemudi menjadi lebih mudah dan ringan dalam mengembalikan ster ke posisi semula. Ini hanya didapatkan jika geometri roda disetel dengan benar.

6. Pengemudian menjadi lebih ringan

Saat mobil berjalan, ban akan selalu bergesekan dengan permukaan jalan. Pengaturan ban terhadap permukaan jalan dengan posisi tertentu dapat mengurangi kontak ban dengan permukaan jalan. Efek yang didapat adalah, gesekan dapat dikurangi dan pengemudian menjadi lebih ringan.

7. Mencegah ster narik ke satu arah

Posisi geometri roda yang baik dapat meningkatkan stabilitas dalam berkendara. Saat melewati jalan lurus, kendaraan akan stabil untuk berjalan lurus kedepan. Saat akan berbelok, roda kemudi harus mudah dibelokkan. Jika kondisinya tidak demikian, kendaraan akan cenderung menarik ke salah satu arah. Ini menyebabkan pengemudi harus menahan roda kemudi untuk membuat kendaraan lurus kedepan.

8. Jumlah radius putar roda kemudi yang sama saat belok penuh

Kemudi sebaiknya mempunyai radius putar roda kemudi yang sama saat belok penuh. Artinya, dari posisi lurus, sudut putar roda kemudi ke kanan dan ke kiri mempunyai nilai yang sama, sehingga kendaraan mempunyai radius putar yang sama. hal ini memudahkan pengemudi saat akan berbalik arah dengan sekali belokan penuh. Secara umum, mobil mempunyai radius putar sebesar 2 - 2,5 putaran roda kemudi.

Hal-hal tersebut adalah spooring dan manfaatnya yang Anda dapatkan jika dilakukan secara benar. Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com]