Tips aman berkendara di malam hari

Salah satu pertimbangan berkendara di malam hari adalah situasi lalu lintas yang lebih sepi dan lancar dibanding dengan siang hari. Akan tetapi, karena saat malam pencahayaan sangat minim, maka butuh beberapa tips berikut agar aman di jalan..

Berkendara di malam hari membutuhkan perhatian dan konsentrasi yang tinggi. Saat malam hari, pencahayaan tidak seterang di siang hari. Terlebih ketika melewati jalur yang tidak ada penerangan sama sekali, hanya mengandalkan penerangan dari kendaraan. Hal ini akan membuat jarak pandang pengemudi menjadi terbatas, dan susah untuk mengidentifikasi objek di sekitarnya. Jika kurang hati-hati dalam berkendara, dapat saja Anda mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu butuh konsentrasi saat berkendara di malam hari.

Salah satu pertimbangan berkendara di malam hari adalah situasi lalu lintas yang lebih sepi dan lancar dibanding dengan siang hari.
Jka saat ini Anda menginginkan untuk menempuh perjalanan di malam hari, berikut ini tipsnya:

1. Pastikan lampu menyala dengan baik

Sebelum berangkat, pastikan lampu lampu eksterior berfungsi dengan normal. Coba nyalakan lampu kota, kepala dan sein serta mundur, untuk memastikan semua berfungsi dengan baik. Ketika nyala lampu terlihat redup atau tidak nyala sama sekali, mengindikasikan ada permasalahan di sistem lampu tersebut.

Baca juga :
Tips aman berkendara dengan si kecil

2. Pastikan wiper washer berfungsi normal

Periksa kelengkapan kendaraan lainnya yaitu wiper dan washer, agar visibilitas saat mengemudi selalu terjaga. Wiper adalah mekanisme penghapus kaca, sedang washer adalah penyemprot cairan kaca. Pastikan keduanya berfungsi dengan baik. Sistem ini sangat berguna saat hujan atau banyak debu di perjalanan. Jika sapuan wiper tidak bersih, mengindikasikan karet wiper sudah waktunya untuk diganti. Jika cairan washer tidak keluar, ada kemungkinan cairan di reservoir sudah habis dan perlu diisi ulang.

3. Jaga jarak aman berkendara

Visibilitas mengemudi akan berkurang saat malam hari, untuk itu saat mengendarai kendaraan, perlu untuk menjaga jarak dengan mobil di depannya. Sehingga pengemudi mempunyai cukup waktu untuk merespon jika mobil didepannya tiba-tiba mengerem atau saat ada orang menyeberang jalan.

4. Atur kecepatan kendaraan

Memilih mengemudi di malam hari salah satu pertimbangannya adalah kepadatan jalan yang lebih sepi dari pada siang hari. Dengan ini, mobil dapat dipacu lebih kencang sehingga dapat menghemat waktu perjalanan. Tetap perhatikan batas laju kecepatan Anda, terutama untuk jalur yang belum pernah Anda lewati sebelumnya, atau ketika kondisi jalan banyak belokan atau banyak yang berlobang.

5. Waspada dengan lingkungan sekitar

Suasana malam hari yang cenderung gelap membuat setiap obyek terlihat tidak begitu jelas. Untuk itu tetap waspada dengan lingkungnan sekitar. Perhatikan dengan seksama setiap objek didepan dan di samping kendaraan. Waspadai jika ada orang akan menyeberang, maupun mobil lain yang minim pencahayaan. Perhatikan juga tanda-tanda rambu lalulintas, agar Anda tidak salah arah atau melanggar lalu lintas.

Baca juga :
Tips agar nyaman saat mengemudi

6. Segera berhenti jika terasa kantuk/capek

Ketika Anda harus mengemudikan mobil dalam jarak jauh, kemungkinan besar rasa kantuk dan capek akan menghampiri. Waspadai terhadap microsleep, istilah dimana badan tidak disadari “tidur” sesaat. Pada kondisi ini, segala input dari penglihatan dan pendengaran tidak dapat diproses oleh otak. Jangan paksakan mengemudi dalam konsidi ini, karena sangat berbahaya. Jika Anda berada di jalan tol, segera cari rest area terdekat. Akan tetapi, jika Anda di jalur biasa, segera cari tempat yang aman untuk sejenak beristirahat. Setelah tenaga pulih, lanjutkan kembali perjalanan yang sempat tertunda.

7. Berdoa

Indonesia kental dengan nuansa beragamanya. Untuk itu, jangan lupa untuk berdoa sebelum perjalanan, apapun agama atau kepercayaan Anda. Setelah kita berusaha untuk berkonsentrasi dan berhati-hati dijalan, maka kita serahkan sepenuhnya kepada Tuhan Maha Kuasa semoga diberi kemudahan, kelancaran, dan keselamatan selama di perjalanan sampai di tujuan.

Baca juga :
Tips menghemat bahan bakar

Demikian beberapa hal yang perlu disiasati saat melakukan perjalanan di malam hari. Semoga perjalanan malam Anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan. Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com]