Tips cepat dan mudah mengganti ban

Ketika tiba-tiba ban bocor dan tidak ada bantuan sama sekali, maka mengganti ban adalah pekerjaan yang harus dilakukan sendiri.

Pernahkan Anda mengalami kejadian ketika sedang berkendara tiba-tiba ada yang aneh di kendaraan dan ternyata salah satu ban bocor. Akan masih beruntung jika posisi Anda berhenti, dekat dengan tukang tambal ban dan bisa minta tolong untuk penggantian ban. Tetapi jika kejadiannya tidak seperti yang diharapkan, Anda tetap bisa melakukan dengan tips cepat dan mudah mengganti ban berikut ini :

1. Segera pinggirkan kendaraan ditempat yang aman.

2. Pasangkan penanda di belakang mobil Anda. Hal ini penting untuk memberitahu pengemudi kendararan lain dari arah belakang kalau ada kendaraan yang sedang berhenti.

3. Siapkan peralatan, seperti ban cadangan, dongkrak dan kunci roda. Tiap kendaraan mempunyai perbedaan dalam hal penyimpanan peralatan tersebut. Anda bisa lihat di buku pedoman pemilik.

4. Berikan ganjal di roda depan jika kondisi ban yang bocor di roda belakang, begitu pula sebaliknya. Ganjal ini berfungsi untuk mencegah kendaraan bergerak saat diangkat (didongkrak)

5. Pasang kunci roda pada mur roda. Arah untuk mengendorkan yaitu berlawanan dengan arah jarum jam. Untuk mempermudah pekerjaan ini, Anda bisa manfaatkan berat badan Anda. Caranya dengan menginjak kunci ban yang sudah terpasang. Lakukan untuk semua mur roda yang kempes.

6. Naikkan kendaraan dengan dongkrak yang tersedia di kendaraan. Posisi aman untuk menaruh dongkrak ada pada rangka atau chasis kendaraan sehingga kendaraan terhindar dari kerusakan

7. Lepas mur roda yang sebelumnya sudah dikendorkan. Lakukan untuk semua mur roda ban yang kempes.

8. Lakukan penggantian ban yang bocor dengan ban cadangan. Pastikan ban cadangan tersebut dalam kondisi baik dan tidak kempes.

9. Pasang kembali mur dengan arah searah jarum jam sampai pelek rapat ke hub roda.

10. Turunkan kendaraan perlahan-lahan dengan dongkrak, dan lakukan pengencangan akhir mur roda dengan memanfaatkan berat badan Anda.

11. Kembalikan peralatan dan ban yang bocor tadi ke tempat semula. Anda siap melanjutkan perjalanan yang sempat tertunda. Jangan lupa setelah Anda menemukan tempat tambal ban, segera lakukan perbaikan ( penambalan ban ), untuk antisipasi jika kejadian tersebut terulang kembali.

Selamat mencoba tips cepat dan mudah mengganti ban ini dan semoga bermanfaat bagi Anda! [www.otomotifinfo.com]