Tips cepat dan efisien cuci mobil

Memasukkan mobil ke tempat cuci mobil setiap hari, tentunya dibutuhkan alokasi dana tambahan. Sesekali Anda dapat mencuci mobil sendiri.

Saat musim hujan datang, hampir setiap harinya turun hujan. Jika Anda melakukan perjalanan dengan mobil, semisal ke tempat kerja, hal ini membuat kendaraan menjadi kotor. Membiarkan mobil dalam keadaan kotor dalam jangka waktu cukup lama, dapat menimbulkan berbagai masalah. Selain tidak enak dilihat, kondisi tersebut memungkinkan timbulnya karat, jamur kaca, dan lainnya. Memasukkan mobil ke tempat cuci mobil setiap hari, tentunya dibutuhkan alokasi dana tambahan. Jika Anda mempunyai waktu luang, tidak ada salahnya sesekali untuk mencuci mobil sendiri dirumah.
Berikut ini tips cuci mobil dengan cepat dan efisien :

1. Siapkan perlengkapan cuci, seperti selang air, shampo mobil, potongan busa, sikat, semir ban dan lap pengering.

2. Parkirkan mobil di area yang mudah dijangkau dari semua sisi kendaraan.

3. Rapikan barang-barang di dalam mobil. Barang yang masih dipakai dapat ditata didalam laci. Buang sisa-sisa struk parkir,belanja, tol dan sebagainya.

4. Keluarkan karpet dan bersihkan area lantai dengan kuas atau vacuum cleaner.

5. Pastikan seluruh kaca sudah tertutup rapat. Siramkan air merata ke setiap bagian mobil. Agar efektif, penyiraman air dimulai dari atas mendatar, sehingga bagian bawah juga ikut terkena air. Lakukan hal ini menyeluruh dimulai dari atap kendaraan, sisi depan, sisi kanan, sisi belakang, dan sisi kiri mobil. Jangan lupa, area kolong ban juga disiram, karena diarea ini biasanya banyak lumpur yang menempel.

6. Siapkan air shampoo dalam ember, menggunakan busa yang dicelupkan ke shampoo lumuri seluruh body mobil dimulai dari atas mendatar lalu ke bawah. Jangan terlalu keras dalam menggunakan busa, karena dapat menyebabkan goresan pada permukaan cat.

7. Gunakan sikat untuk membersihkan bagian ban, pelek, dan kolong roda dari lumpur yang menempel.

8. Bilas busa yang menempel tersebut dengan air menyeluruh sisi mobil, termasuk bagian ban dan kolong roda. Dengan menyiram air dari atas, proses cuci menjadi lebih efisien. Akan lebih baik jika manggunakan air bertekanan, sehingga memudahkan pembersihan kotoran.

9. Keringkan sisa-sisa air dengan lap pengering. Lembarkan lap pengering ditelapak tangan lalu gosokkan ke bagian body mobil beberapa kali usapan, lalu peras lap pengering, untuk membuang air. Ulangi langkah ini sampai seluruh air yang menempel dibody dan kaca benar-benar kering.

10. Pastikan air yang menempel di bagian celah pintu juga dikeringkan dengan cara membuka setiap pintu.

11. Siapkan cairan semir ban, dengan bantuan kuas, oleskan ke bagian luar ban agar terlihat bersih dan mengkilap.

12. Masukkan kembali karpet yang telah dibersihkan sebelumnya. Jika ada pengait, jangan lupa pasang pengait karpet untuk menjaga agar karpet tidak bergeser.

13. Mobil sudah siap digunakan kembali.

Beberapa langkah diatas adalah tips cuci mobil sendiri dengan cepat dan efisien. Jika langkah ini dilakukan dengan benar, hanya butuh waktu kurang dari 30 menit, dan mobil sudah kembali bersih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]