Tips dan cara aman menghidupkan mesin sistem key-free

Jika Anda terbiasa dengan mobil yang dilengkapi anak kunci sebelumnya, menggunakan sistem key-free ini bisa menimbulkan kebingungan saat pertama kali pakai. Jangan khawatir, berikut ini tips dan cara aman dalam menghidupkan mesin mobil.

Beberapa waktu lalu telah diluncurkan New Veloz 2019. Salah satu fitur yang ditawarkan pada seri ini adalah sistem key-free. Disebut demikian karena mobil ini tidak dilengkapi dengan anak kunci seperti Avanza sebelumnya. Sebagai gantinya, digunakanlah remote key tombol start & stop button, untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Fitur ini mirip dengan fitur smart key yang telah digunakan pada beberapa mobil berjenis premium. Meskipun demikian, sebenarnya mobil ini dilengkapi dengan anak kunci cadangan. Yakni kunci kecil sebagai cadangan untuk membuka pintu mobil saat sistem entry nya bermasalah, sehingga pemgemudi tetap dapat masuk ke mobil.

Sistem ini menawarkan kepraktisan dan keamanan di mobil. Praktis hanya menekan tombol start & stop button untuk menghidupkan mesin, serta praktis saat mengunci dan membuka kunci pintu. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur immobilizer, sehingga tanpa remote key yang sudah didaftarkan, orang lain tidak bisa mengakses kendaraan.

Jika Anda terbiasa dengan mobil yang dilengkapi anak kunci sebelumnya, menggunakan sistem ini bisa menimbulkan kebingungan saat pertama kali pakai. Jangan khawatir, berikut ini tips dan cara aman dalam menghidupkan mesin dengan sistem key-free:

Baca juga :
Tips agar nyaman saat mengemudi

1. Pastikan remote keyfree sistem sudah dibawa.

2. Tekan tombol pada gagang kunci sekali, maka kunci pintu akan terbuka ( unlock), lalu masuk ke dalam ruang pengemudi.

3. Pastikan bahwa hand rem sudah terpasang dengan benar.

4. Pastikan bahwa tuas transmisi sudah pada posisi N (versi trasmisi manual), dan pada posisi P (versi transmisi otomatis).

Baca juga :
Liburan telah usai, saatnya servis kendaraan

5. Tekan pedal rem ( versi matik), atau pedal kopling ( versi manual), pastikan lampu indikator pada start & stop button berwarna hijau. Jika lampu tidak menyala, kemungkinan penginjakan pedal kurang dalam, atau ada masalah pada sistem ini.

6. Tekan sekali start & stop button, maka akan terdengar bunyi motor starter bekerja. (Tombol tidak perlu ditahan untuk mempertahankan start).

7. Mesin akan hidup segera, atau starter akan dipertahankan otomatis sampai 30 detik.

8. Tetap menahan pedal kopling ( versi manual), atau pedal rem ( versi matik), sampai mesin hidup.

9. Jika akan menjalankan mobil, prosedurnya sama persis dengan mobil tanpa sistem key-free.

10. Untuk mematikan mesin, Anda cukup menekan start & stop button sekali, dan mesin akan mati, lalu masuk ke mode OFF (IG OFF)

11. Untuk mengunci pintu mobil, setelah menutup pintu, tekan sekali tombol pada handle pintu dengan tetap mengantongi remote key, maka door lock akan terkunci.

Baca juga :
Tips berkendara di malam hari

Nah, langkah-langkah yang telah disebutkan diatas adalah tips dan cara aman dalam menghidupkan mesin dengan sistem key-free. Cukup praktis dan mudah untuk dicoba. Sistem ini akan bekerja jika remote key selalu dibawa (jarak dekat kurang dari 1 m). Tanpa remote key, sistem tidak akan bekerja demi keamanan. Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com]