Tips membeli mobil baru

Jika saat ini Anda berencana membeli mobil baru, akan tetapi masih bingung dalam pemilihannya, berikut tipsnya.

Memiliki mobil impian merupakan harapan setiap orang. Namun tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkannya. Beberapa orang masih menunda mempunyai mobil baru karena pertimbangan satu dan lain hal, semisal dana belum mencukupi, warna dan sebagainya. Jika saat ini Anda berencana membeli mobil baru, akan tetapi masih bingung dalam pemilihannya, Berikut ini kami berikan tips membeli mobil baru :

1. Motif beli

Motif beli adalah hal utama yang mendasari Anda untuk membeli mobil. Pertama adalah faktor fungsional. Seseorang membeli mobil untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Pemilihan mobil disesuaikan dengan kebutuhan, semisal agar dapat memuat anggota keluarga, maka dapat dipilih jenis MPV (multi purpose vehicle). Motif beli kedua adalah faktor emosional, dimana seseorang membeli mobil sebagai pendukung penampilan, menunjukkan status sosialnya, serta untuk kepuasan batin. Biasanya mobil yang dibeli adalah merk terkenal dengan harga yang dapat dibilang mahal bagi beberapa orang. Dari sini, pahami apa motif Anda dalam membeli sebuah mobil baru.

2. Jenis mobil

Setiap merk mobil mengeluarkan berbagai model mobil untuk memberikan keleluasaan bagi pembeli. Dari model mobil tersebut juga ditambahkan beberapa varian jenis mobil, sehingga bagi sebagian orang menyulitkan saat memilihnya. Secara umum ada berbagai penggolongan model mobil, seperti kelas sedan, MPV, SUV (super utility vehicle), hatch back, dan comersial vehicle / niaga. Pilihan varian semisal standar, medium atau luxury. Masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri, semisal mobil jenis hatch back cocok untuk keluarga kecil, anak muda, atau rumah dengan garasi sempit.

3. Ketersediaan dana

Setiap model dan varian yang dikeluarkan produsen mobil, menawarkan fitur dan kelebihan masing-masing, disamping harga yang bervariasi. Ketika ketersediaan dana dan harga mobil yang diminati tersebut sesuai, maka mobil dapat segera dibeli. Bagi Anda yang saat ini mempunyai keinginan beli mobil, tetapi dana yang tersedia belum mencukupi, jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit kendaraan.

4. Cara pembayaran

Cara pembayaran ini lebih didasarkan pada keteresediaan dana untuk membeli baru. Jika dana yang tersedia sudah mencukupi, Anda bisa gunakan cara pembayaran tunai seharga mobil tersebut. Pembayaran tunai bisa lewat transfer bank, atau datang ke dealer langsung. Cara pembayaran yang kedua adalah dengan kredit. Anda cukup membayar DP (down payment ) dan uang muka. Sisa dari harga mobil akan di bayarkan oleh pihak leasing. Sehingga Anda dapat mengangsur sejumlah uang dengan jangka waktu yang telah disepakati kedua belah pihak.

5. Merk mobil

Saat ini setiap produsen bersaing kompetitif untuk menawarkan produknya. Setiap produk dibuat dengan berbagai fitur dan keunggulannya. Jika Anda suka dengan brand tertentu, Anda tidak akan kesulitan dalam memilih jenis mobil baru. Akan tetapi jika pertimbangannya adalah bukan dari brand, Anda perlu membandingkannya untuk mendapatkan sesuai keinginan.

6. Fitur, warna dan spesifikasi

Karena nantinya mobil yang Anda beli digunakan dalam satu atau beberapa tahun kedepan, perlu pertimbangkan dengan cermat. Hal ini bertujuan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Beberapa pertimbangan disini semisal fitur yang ditawarkan, spesifikasi sesuai yang Anda butuhkan, warna cat, jenis mesin (bensin atau diesel) dan type transmisi (manual atau matik).

Beberapa hal tersebut diatas adalah tips dalam membeli mobil baru. Selamat memilih dan memutuskan! Semoga bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]