Tips memilih perusahaan asuransi kendaraan

Memilih perusahaan asuransi bagi yang masih awam memang tidak mudah. Masing masing menawarkan berbagai fitur dan juga harga menarik.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian asuransi dan manfaatnya. Mungkin setelah Anda mengetahui manfaatnya akan asuransi kendaraan, Anda tertarik untuk mengasuransikan kendaraan kesayangan Anda. Langkah selanjutnya adalah mencari perusahaan yang menyediakan layanan asuransi kendaraan. Memilih perusahaan asuransi bagi yang masih awam memang tidak mudah. Masing masing menawarkan berbagai fitur dan juga harga menarik.
Jangan khawatir, berikut ini akan diulas mengenai tips memilih perusahaan asuransi agar memberikan manfaat maksimal untuk Anda :

1. Lihat reputasi perusahaan

Ini merupakan kriteria pertama dalam memilih perusahaan asuransi. Perusahaan dengan reputasi baik, biasanya berpengalaman, kredibel, dan memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggannya, semisal kemudahan dalam proses klaim, dsb. Jika Anda awam dalam masalah ini, Anda bisa menanyakan ke relasi yang sudah pernah menggunakan, atau mencari informasi dari internet.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Setelah memilih perusahaannya, langkah selanjutnya adalah memilih jenis asuransi untuk kendaraan. Pastikan pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan, karena hal ini mementukan besarnya premi yang harus dibayarkan, jenis claim yang dapat diajukan. Ada dua hal sebagai panduannya, yaitu usia mobil dan penggunaannya. Semisal Anda mempunyai mobil baru, sebaiknya pilih asuransi all risk, sehingga setiap kerusakan kecil maupun sedang dapat diajukan klaim asuransi. Jika mobil Anda sudah tidak baru, pilih asuransi jenis total lost (TLO), agar hemat dalam hal biaya. Jika penggunaan untuk rental, dapat menggunakan kedua jenis tersebut, untuk antisipasi kerusakan kecil, sedang dan juga kehilangan kendaraan.

3. Cermati ketentuan polis asuransi

Segala ketentuan terhadap asuransi yang Anda ambil, terdapat dalam polis asuransi. Semisal apa saja yang di cover, bagaimana persyaratan dan proses claim dan sebagainya. Oleh karena itu, memahami setiap poin dalam polis menjadi sangat penting. Hal ini berguna agar dikemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak.

4. Jaringan bengkel

Setiap perusahaan asuransi mempunyai bengkel rekanan sebagai tempat perbaikan unit kendaraan yang diasuransikan. Pilihlah perusahaan asuransi dengan bengkel rekanan yang luas dan kualitas pekerjaannya baik. Hal ini memberikan kemudahan akses bagi pemilik kendaraan, kecepatan penanganan dan hasil pekerjaan berkualitas.

5. Layanan tambahan

Beberapa perusahaan asuransi memberikan pelayanan tambahan selain asuransi terpilih. Layanan tambahan dapat berupa layanan hotline 24 jam, layanan derek mobil, asuransi jiwa dan lain-lain. Hal ini tentunya memberikan nilai lebih bagi pemilik kendaraan.

6. Siapkan pembanding

Ketika Anda sudah mendapatkan kriteria perusahaan asuransi yang akan dipilih, tidak ada salahnya jika Anda siapkan data pembanding. Hal ini bertujuan untuk lebih meyakinkan pilihan Anda. Anda dapat mencari informasi ini dengan browsing di internet.

Beberapa hal tersebut diatas adalah tips memilih perusahaan asuransi kendaraan. Semoga bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]