Tips mencegah ac mobil bau

Salah satu problem AC mobil yaitu AC bau tidak enak dan bagi sebagian orang cukup mengganggu. Bagaimana agar terhindar dari masalah AC mobil bau?

Ketika menggunakan kendaraan, pasti tidak lepas dari penggunaan AC. Dengan AC, suhu didalam kabin mobil menjadi lebih sejuk, meskipun saat siang hari. Tentunya selama berkendara, Anda tidak menginginkan adanya masalah pada sistem AC. Beberapa masalah yang muncul adalah AC kurang dingin, hanya udara saja yang keluar dari register AC dan problem AC bau. Untuk masalah yang terakhir ini, bagi sebagian orang cukup mengganggu.
Bagaimana agar terhindar dari masalah AC mobil bau. Simak tips berikut ini :

1. Selalu menjaga kebersihan kabin mobil

Rapikan benda-benda yang sekiranya masih digunakan. Jika memungkinkan, masukkan ke laci / glove box. Area lantai adalah area yang mudah meninggalkan kotoran seperti pasir, tanah. Bersihkan secara rutin.

2. Segera bersihkan sisa-sisa makanan atau minuman

Jika ada sisa makanan atau minuman didalam kabin, segera diambil untuk mencegah munculnya bau atau menjadi basi. Makanan yang mempunyai aroma yang cukup kuat, seperti durian dsb dapat meninggalkan aroma dalam jangka waktu lama. Jika makanan tersebut masih dapat dimakan, masukkan kedalam wadah tertutup.

3. Jangan masukkan karpet saat masih basah

Ketika mobil dicuci, adakalanya beberapa jenis karpet juga ikut dibersihkan dengan air. Tunggu sampai karpet benar-benar kering, sebelum dipasang ketempat semula. Karpet yang basah dapat meninggalkan kelembaban di area lantai mobil, dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dikemudian hari.

4. Keringkan sisa makanan yang tumpah dijok

Terkadang saat makan didalam mobil, makanan atau minuman bisa saja tidak sengaja jatuh atau tumpah. Hal ini tentu akan mengotori area jok mobil. Segera bersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela jok mobil sebelum timbul masalah bau dikemudian hari. Gunakan tisu basah atau kain halus untuk membersihkannya.

5. Gunakan parfum sewajarnya

Untuk menjaga agar aroma kabin terasa wangi dan segar, Anda bisa menambahkan parfum ruangan didalam kabin mobil. Tersedia berbagai jenis, merk dan aroma dari parfum tersebut disesuaikan dengan selera. Akan tetapi gunakanlah parfum ruangan sewajarnya. JIka terlalu berlebihan, partikel parfum dapat menempel di evaporator. Dalam jangka waktu tertentu evaporator akan kotor dan timbul jamur. Hal ini dapat menimbulkan masalah AC bau tidak sedap nantinya.

6. Hindari merokok saat didalam mobil

Bagi sebagian orang, merokok saat mengendarai mobil dapat menghilangkan kejenuhan. Akan tetapi ketika rokok dinyalakan dan mobil melaju, ada sebagian asap rokok yang masuk ke kabin. Meskipun saat merokok kaca jendela sudah dibuka. Asap tersebut akan menempel pada kain atau material interior kabin dan dapat menimbulkan bau asap rokok dikemudian hari.

7. Sesekali gunakan heater

Beberapa jenis mobil dilengkapi dengan heater pada sistem AC. Heater ini berfungsi untuk menghangatkan suhu ruangan. Hidupkan heater sesekali waktu dan blower diposisikan hi agar dapat mengurangi timbulnya jamur di kabin.

8. Bersihkan filter AC secara berkala

Sistem AC pada mobil tertentu dilengkapi dengan filter AC. Filter ini berguna untuk menyaring partikel debu didalam kabin, sehingga kabin menjadi bersih. Melakukan pembersihan berkala pada filter AC dapat mengurangi timbulnya bau di kabin. Agar lebih praktis, lakukan bersamaan dengan servis berkala kendaraan.

9. Gunakan mode recirc

Pada beberapa AC mobil terdapat dua pengaturan air inlet mode, yakni refresh dan recirc / recirculation. Mode refresh memungkinkan udara luar dapat masuk ke kabin lalu didinginkan oleh unit cooler. Mode ini cocok untuk berkendara di tempat yang sejuk, udara cukup bersih tanpa perlu membuka kaca jendela. Mode recirc hanya mensirkulasikan udara yang ada dikabin, sedang udara dari luar kabin akan di cegah masuk. Selalu gunakan mode recirc apabila berkendara di kota besar dengan kepadatan mobil banyak.

10. Keringkan karpet dasar jika basah / kemasukan air

Sistem AC pada mobil tertentu dilengkapi dengan filter AC. Filter ini berguna untuk menyaring partikel debu didalam kabin, sehingga kabin menjadi bersih. Melakukan pembersihan berkala pada filter AC dapat mengurangi timbulnya bau di kabin. Agar lebih praktis, lakukan bersamaan dengan servis berkala kendaraan.

11. Kendarai mobil dengan kaca tertutup

Ketika sedang berkendara, usahakan pintu dan kaca selalu tertutup rapat. Selain dapat mencegah masuknya debu dari luar, tips ini bertujuan agar udara luar tidak masuk ke dalam kabin. Sehingga aroma yang berada diluar mobil, seperti asap knalpot, dll tidak masuk ke kabin.

Beberapa hal tersebut diatas adalah tips pencegahan agar AC mobil tidak mengalami bau tidak enak. Beberapa langkah tersebut diatas mudah untuk dilakukan. Selamat menikmati perjalanan dengan tanpa gangguan AC bau. Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com]