Mengenal wireless door lock

Seiring kebutuhan, dikembangkanlah wireless door lock. Dengan teknologi ini, pemilik mobil dimudahkan dalam mengunci dan membuka pintu dari jarak jauh.

Pada awalnya door lock berfungsi untuk mengunci dan membuka kunci pintu serta bagasi mobil. Ketika pintu dikunci, maka hanya orang yang membawa anak kunci tersebut yang dapat membukanya. Seiring kebutuhan, dikembangkanlah wireless door lock. Dengan teknologi ini, pemilik mobil dimudahkan dalam mengunci dan membuka kunci pintu. Caranya adalah dengan menekan salah satu tombol pada transmiter (remote).
Berikut ini adalah fitur pada wireless door lock :

1. All door lock

Fitur ini berfungsi untuk mengunci semua pintu dan mencegah back door terbuka. Caranya dengan menekan tombol lock pada transmiter.

2. All door unlock

Fitur ini berfungsi untuk membuka semua pintu dan memungkinkan back door terbuka. Caranya dengan menekan tombol unlock pada transmiter.

3. Answer back

Fitur ini ditandai dengan berkedipnya lampu hazard 1 x untuk operasi lock dan 2 x untuk operasi unlock. Beberapa jenis mobil dilengkapi dengan bunyi siren, 1 x untuk operasi lock dan 2x untuk unlock. Fitur ini memastikan kepada pengemudi bahwa operasi lock maupun unlock telah berhasil dilakukan.

4. Automatic lock function

Fitur ini memungkinkan pintu akan terkunci otomatis apabila selama tiga puluh detik tidak ada pintu yang terbuka. Syaratnya adalah sebelumnya telah dilakukan operasi unlock dengan transmiter.

5. Two step unlock

Fitur ini memungkinkan pada saat tombol unlock ditekan sekali, hanya pintu sisi pengemudi saja yang terbuka. Lalu saat tombol unlock ditekan dua kali dalam 3 detik, semua kunci pintu sisi penumpang dapat terbuka.

6. Trunk opener

Beberapa transmiter dilengkapi dengan empat tombol, yaitu lock, unlock, panic dan trunk opener. Jika tombol trunk ini ditekan lebih dari satu detik maka bagasi akan terbuka. Fitur ini memudahkan pengemudi saat membuka bagasi.

7. Pengoperasian transmiter

Fitur ini memastikan tombol transmiter bekerja dengan normal. Caranya adalah dengan menekan tombol transmiter dan perhatikan nyala lampu led. Ketika tombol ditekan dan lampu led transmiter menyala, maka dipastikan tombol berfungsi dengan baik.

8. Power window open/close

Ketika anak kunci tidak terpasang pada lubang silinder dan tombol lock atau unlock pada transmiter ditekan lebih dari 2,5 detik, fitur ini mengaktifkan power window untuk membuka / menutup. Fitur ini untuk mengoperasikan power window saat pengemudi sudah meninggalkan kendaraan.

9. Alarm panic

Fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan alarm dari jarak jauh dengan menekan tombol panic pada transmiter kira kira 2-3 detik. Saat alarm aktif, sistem anti pencurian akan mengaktifkan klakson, lampu hazard. Fitur ini dapat digunakan jika menemukan gerak gerik pencuri yang mencurigakan di mobil Anda.

10. Fitur peringatan pintu tidak tertutup

Fitur ini akan menyalakan buzzer saat tombol lock pada transmiter ditekan, dan ada salah satu pintu yang tidak tertutup rapat. Fitur ini memperingatkan pengemudi bahwa ada salah satu pintu belum tertutup rapat.

Demikian tadi beberapa fitur pada wireless door lock. Setiap jenis mobil mempunyai fitur yang berbeda-beda. Detailnya silahkan Anda lihat pada pedoman pemilik atau menanyakan pada dealer penjual. Semoga bermanfaat! [www.otomotifinfo.com]