Mau pasang karpet tambahan, perhatikan safety ini..

Jika salah dalam pemilihan dan penempatan karpet tambahan, dapat saja mengganggu kenyamanan saat mengemudi, membuat mobil kurang responsif, dan bahkan dapat membahayakan bagi pengemudi.

Setiap mobil baru biasanya dilengkapi dengan sebuah karpet pelapis. Karpet ini digunakan untuk melapisi karpet dasar ( karpet yang menutupi seluruh lantai mobil). Kelebihan karpet pelapis ini adalah ukuran yang sudah disesuaikan dengan ukuran lantai, memudahkan untuk pemasangan dan pembersihan. Fungsi dari karpet pelapis ini untuk menahan pasir dan sejenisnya yang terbawa oleh alas kaki agar tidak mengotori karpet dasar mobil. Karpet pelapis bawaan mobil terbuat dari material yang bervariasi. Mulai dari material fabric, wool karet, karet, plastic, kulit sintetik dan banyak lagi.

Ada kalanya pemilik mobil ingin menambahkan karpet tambahan. Karpet ini diletakkan diatas karpet pelapis. Tujuannya bermacam-macam, mulai dari agar karpet pelapis ( asli bawaan kerdaraan) tidak mudah kotor, agar lebih awet, atau karena sedang ada model baru, dan menginginkan tampil berbeda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pemasangan karpet tambahan ini. Jika salah dalam pemilihan dan penempatan, dapat saja karpet tersebut mengganggu kenyamanan saat mengemudi, membuat mobil kurang responsif, dan bahkan dapat membahayakan bagi pengemudi. Nah, berikut beberapa hal penting saat memasang karpet tambahan :

Baca juga :
Mengenal Mobil Elektrik”

1. Gunakan cukup 1 lembar

Secara umum, terdapat satu lembar karpet pelapis bawaan mobil, untuk setiap posisi. Jika ingin menambahkan, cukup satu lembar saja. Tujuannya agar karpet tambahan tersebut tidak mengganggu kerja dari pedal akselerator saat ditekan penuh.

2. Perhatikan ketebalan karpet tambahan

Tersedia banyak sekali variasi produk karpet yang di jual dipasaran. Pilih karpet dengan ketebalan tidak lebih dari 1 cm. Pemilihan ini bukannya tanpa alasan, semakin tebal karpet, dapat mengganjal pedal akselerasi, sehingga tenaga mesin tidak dapat maksimal.

3. Ukuran harus sesuai

Pilih karpet dengan dimensi ukuran yang sesuai dengan bawaan. Bentuk dan ukuran karpet biasanya disesuaikan dengan luas bidang lantai. Penggunaan karpet dengan ukuran lebih besar, membuat estetika kurang baik, dan dapat mengganggu kenyamanan.

Baca juga :
Mengenal wireless charging

4. Posisi pemasangan jangan dibalik

Karpet mempunyai dua sisi permukaan yang berbeda, dan didesain dimensinya sesuai dengan desain lantai. Hindari memasang karpet dengan dibalik, karena ini dapat mengakibatkan masalah, seperti pedal rem dan pedal aselerator tersangkut.

Baca juga :
Fitur mobil “zaman now”

5. Hindari karpet rusak

Karpet dapat saja rusak atau tersobek, akibat pemakaian yang cukup lama. Jika menemukan karpet sudah sobek, usahakan segera ganti dengan yang baru. Karpet yang sudah sobek dapat meningkatkan resiko pedal akselerator nyangkut, sehingga sangat berbahaya.

6. Perhatikan arah karpet

Karpet mempunyai sisi yang tidak simetrik. Ada bagian yang terpotong untuk diposisikan di sisi pedal akselerator. Tujuannya agar kerja pedal akselerator tidak terganjal karpet tersebut. Nah, ketika pamasangan karpet salah arah, maka dapat saja mengganggu kerja pedal akselerator.

Beberapa hal tersebut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat memasangkan karpet tambahan. Pastikan karpet tambahan terpasang dengan baik, agar tidak mempengaruhi performa berkendara, dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat [www.otomotifinfo.com]